Sunday, November 17, 2019

Ini Beda Sumpit China, Jepang dan Korea

China, Jepang serta Korea adalah negara yang diketahui mempunyai budaya makan dengan sumpit. Tetapi, tiap negara mempunyai sumpit dengan keunikan semasing.

Dikutip dari Pogogi (3/10) pemakaian sumpit jadi alat makan sudah dikenalkan semenjak beberapa ribu tahun kemarin. Awalannya sumpit datang dari China serta baru menyebak ke Jepang serta Korea pada 500 Masehi.

Walau demikian, tiap negara mempunyai sumpit dengan keunikan tertentu jadi pembeda. Berikut ketidaksamaan sumpit pada 3 negara itu.



1. Sumpit China

Menurut riwayat, orang China adalah orang pertama yang temukan sumpit, persisnya pada lebih dari 5.000 tahun yang kemarin. Sumpit ciri khas China diketahui dari berbahan yang dibuat dari kayu tanpa ada ukiran serta mempunyai bentuk persegi panjang, condong lebar dengan ujung yang
tumpul.

Baca Juga : Pengertian Paragraf

Tidak hanya kayu, orang China memakai bahan lain seperti tulang untuk bikin sumpit. Ukuran sumpit China lebih panjang dan lebih tebal dibanding dengan mode sumpit Jepang atau sumpit Korea.

Rupanya dibuat dengan ukuran yang panjang sebab, dahulu waktu orang China makan bersama dengan mempunyai meja makan yang lebar. Sumpit yang panjang dibikin supaya bisa dipakai untuk mendapatkan makanan dalam jarang-jarang yang termasuk jauh.

2. Sumpit Jepang

Orang di Jepang mempunyai sumpit dengan mode yang berlainan. Mode itu dibuat serta sesuai dengan manfaat semasing. Contohnya sumpit untuk memasak, untuk konsumsi makanan tersendiri, ambil permen serta yang lain. Orang Jepang memakai beberapa bahan dalam pengerjaan sumpit mereka.

Bahan yang biasa dipakai ialah kayu serta plastik. Ada yang tidak kalah unik, sumpit Jepang ada juga yang dibuat dari tulang, logam serta gading. Sumpit Jepang bisa dikenali dengan ujungnya yang memiliki bentuk membulat.

Diluar itu ukurannya lebih pendek dari sumpit China serta lebih panjang dari sumpit Korea. Sumpit Jepang dibikin lebih berwarna serta dibikin lebih runcing pada ujungnya untuk memisahkan ikan dari durinya.

3. Sumpit Korea

Baca Juga : Paragraf Adalah

Sumpit Korea umumnya dibuat berbahan stainless steel. Berlainan dengan sumpit China serta sumpit Jepang yang dibuat berbahan alami. Bahan stainless steel mempunyai susunan yang licin, oleh karenanya orang Korea membuat susunan sumpit pada ujung dibikin sedikit kasar.

Itu dikerjakan supaya makanan yang diambil memakai sumpit tidak gampang terjatuh. Sumpit Korea dibikin berbahan stainless steel, sebab mereka menghindarkan pemakaian bahan perak yang dapat berlaga jadi bahan kimia beresiko bila tercampur ke pada makanan.

Awalannya sumpit stainless steel cuma dipakai oleh golongan bangsawan saja, tapi lama kelamaan sumpit itu dapat dipakai oleh warga umum.

No comments:

Post a Comment