Thursday, November 7, 2019

Pesawat Tempur TNI Bombardir Perairan Pacitan

Enam unit pesawat tempur TNI AU, Kamis (7/11/2019) malam membombardir perairan Pacitan. Minimal 6 bom dijatuhkan di kegelapan malam. Targetnya ialah 2 object yang terdapat di 5 NM atau 9,26 km. dari bibir pantai Kota 1001 Gua.



Pengamatan detikcom di ruang pengamatan tebing Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku, pemboman dibagi dalam 2 session. 3 shooting pertama dikerjakan pesawat T-50i Golden Eagle. Kilatan diikuti bunyi dentuman sukses merusak salah satunya sasaran.

Baca Juga : Pengertian Kepribadian

Pada session ke-2, 3 pesawat F16 C/D terlihat terbang bersama-sama dari arah utara. Pesawat tempur supersonik itu terlepas landas dari home base Lanud Iswahjudi, Madiun dengan bawa amunisi type MK-82 live.

Sesaat mendekati datang di atas perairan, pesawat bikinan Amerika Serikat itu terbang rendah lalu memuntahkan bom seberat 250 kg. Sasaran ke-2 yang mengapung di permukaan air itu juga hancur bertepatan kilatan sinar kemerahan.

Latihan 'air to ground' malam hari yang baru pertama-tama diadakan di Pacitan ini cukup mengambil alih perhatian. Bupati Indartato dan Forkompimda serta barisan TNI/Polri ikut melihat tindakan atraktif itu dari atas panggung yang ada di atas tebing karang. Bising tepok tangan menemani setiap dentuman.

"(Pengeboman malam hari) ini ialah potensi yang perlu dipunyai oleh kami, beberapa penerbang tempur Lanud Iswajudi. Serta serangkaian latihan ini adalah tingkatan latihan yang dikerjakan dengan beruntun," sebut Komandan Lanud Iswajudi, Marsma TNI Widyargo Ikoputra pada wartawan.

Baca Juga : Kepribadian Adalah

Mengenai serangkaian itu, Widyargo, dari mulai tembak pada siang hari, tembak pada siang hari dengan bom meledak, sampai tembak siang hari dengan target di laut memakai bom yang meledak.

Sesudah tingkatan itu sukses dilewati, latihan selanjutnya ialah tembak saat malam hari. Penembakan saat malam hari diawali dengan bom dummy (tidak meledak), lalu diteruskan dengan penembakan malam hari di laut dengan bom meledak.

"Saya sendiri sampai merinding serta bangga. Kesempatan ini kita buat dua sasaran untuk dihancurkan. Kita lihat sendiri dengan sasaran yang ukurannya benar-benar kecil demikian kita dapat 'hit target' serta pas," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment