Thursday, November 7, 2019

Moeldoko Pamer Bibit Padi M70D

Moeldoko memperlihatkan produk terbaru ciptaan perusahaan analisa pertanian kepunyaannya. Produk itu ialah bibit padi M70D atau Moeldoko 70 Day. Berarti, bibit ini dapat panen 4x dalam satu tahun. Seringkali dari variasi padi yang lain.



"Proses membuatnya berdarah-darah, panjang ceritanya," kata Moeldoko selesai mengevaluasi panen raya di Kabupaten Karawang, Kamis (7/11/2019) sore.

Baca Juga : Pengertian Pantun

Moeldoko mengklaim, bibit itu produktif serta paling cepat dipanen sekarang. "Bibit ini dapat dipanen sesudah 70 hari, bertambah cepat dibandingkan bibit padi yang lain yang sampai 100 hari," tutur ia.

Bersama dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Moeldoko lihat langsung panen padi M70D di tempat seluas 5 ribu mtr. di Desa Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Menurut pria yang Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ini, M70D dapat membuahkan 8,8 ton dari satu hektare sawah. Dia mengklaim benih padi tahan pada hama, rasa-rasanya enak serta bertambah cepat panen. Lihat beberapa keunggulan itu, Moeldoko meyakini bila bibit ciptaan perusahaannya itu banyak digunakan karena itu swasembada pangan akan cepat dicapai.

"Ini usaha intensifikasi yang riil hasilnya. Rata-rata hasil panen nasional kita kan antara 5 ton per hektare nih, jadi jika bertambah semacam ini, ke arah swasembada pangan dapat selekasnya terwujud. Serta tidak cuma ketahanan pangan, serta kedaulatan pangan," tutur Kepala Staf Kepresidanan itu.

Baca Juga : Pantun Adalah

Bekas panglima TNI ini bercerita, bibit M70D itu memakan waktu empat tahun analisa. Tetapi baru beberapa waktu ini ditebar ke beberapa wilayah. "Belum sangat banyak (digunakan) sebab varietas ini baru usai. Saya ingin hasilnya prima. Tetapi ke depan akan bertambah , sebab proses penyilangan belum pernah berhenti," katanya.

Selain itu, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan pujian pada varietas padi Moeldoko 70 Day. Menurut Syahrul, pemerintah terus menggerakkan beberapa analisa pertanian seperti ini.

"Berikut perubahan pertanian yang perlu kita dorong, kehidupan pertanian semakin bagus," tuturnya.

No comments:

Post a Comment