Wednesday, September 11, 2019

Menteri Basuki Bocorkan Lokasi Istana Kepresidenan di Papua

Presiden Joko Widodo (Jokowi) janji akan membuat istana kepresidenan di Jayapura, Papua. Pembangunan itu akan diawali pada 2020.

Berkaitan hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan pembangunan istana Papua ada di atas bukit Jembatan Holtekamp, Jayapura, Papua.



"Jadi, inspirasi yang saya temukan dekat jembatan Holtekamp. Dimana ada bukit disana. Tetapi saya belum survey," tutur Basuki di Jiexpo Kemayoran Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Baca Juga : Pengertian Wireless 

Menurutnya, tingkatan survey tempat tempat seluas 10 hektar yang gagasannya dihibahkan oleh masyarakat ditempat. Hal itu dikerjakan supaya pembangunan istana di Papua berjalan mulus.

"Disana ada banyak kepala suku hingga kita lihat dahulu. Kalau menurut mereka sich oke saja, tetapi kan belum mengetahui, ada seputar 10 hektar," papar ia.

Ia memberikan tambahan pemerintah akan lakukan sayembara berkaitan dengan design untuk istana di Papua. Nanti, istana itu bisa menjadi kantor Presiden.

"Tetapi jangan dipikirkan seperti istana negara begitu, jadi kaya wisma negara hingga kelak bisa menjadi kantor presiden kalau beliau ada (kepentingan)," pungkas ia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) janji akan membuat istana kepresidenan di Jayapura, Papua. Pembangunan itu akan diawali pada 2020.

Berkaitan hal tersebut, Deputi Bagian Peningkatan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata menjelaskan jika pembangunan istana itu belum detil.

Baca Juga : Wireless Adalah

"Itu, belum detil. Tetapi tentu saja ini telah di pembangunan periode panjang," tutur ia di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Awalnya, Presiden Jokowi menjelaskan akan terlebih dulu berdiskusi dengan beberapa menteri di Kabinet Kerja sebelum mulai membuat istana kepresidenan di Tanah Cendrawasih itu. "Saya diskusi dahulu dengan beberapa menteri. Jadi tahun kedepan istana ini akan dibuat. Telah," katanya.

Awalnya, Abisai Rolio yang didapuk jadi ketua rombongan tokoh Papua serta Papua Barat mengemukakan beberapa keinginan masyarakat Papua ke Jokowi. Diantaranya ialah membuat Istana Kepresidenan di Jayapura.

Bahkan juga, Abisai juga langsung memberikan tanahnya seluas 10 hektare untuk pembangunan istana kepresidenan itu.

No comments:

Post a Comment