Sunday, October 6, 2019

Bandara Sibisa Mau Di-Upgrade Demi Tunjang Wisata Danau Toba

Danau Toba jadi satu diantara wilayah yang menjadi project Bali Baru, nanti lokasi ini akan dibikin spesial untuk menggenjot pariwisata. Paling akhir, lokasi Danau Toba akan meningkatkan glamour camp (Glam Camp) alias kemah elegan.

Tidak hanya peningkatan lokasi wisata, fasilitas pendukungnya akan ditingkatkan. Diantaranya, Lapangan terbang Sibisa yang akan mendukung transportasi.



Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan nanti lapangan terbang itu akan dipoles. Fokusnya ke terminal serta runaway alias landasan picu, Budi Karya mengatakan runway di Lapangan terbang Sibisa akan ditambah jadi 2 ribu mtr..

Baca Juga : Pengertian

"Terminal sama runway (yang akan ditingkatkan). Saat ini runway-nya 1.200 mtr. kami ingin membuat 2.000 mtr.," kata Budi Karya di Pelabuhan Tanjung Priok, Minggu (6/10/2019).

Untuk terminalnya Budi Karya menjelaskan akan ada perpindahan tempat, menurut dia tempat terminal Lapangan terbang Sibisa saat ini kurang aman. Lapangan terbang itu akan diperlengkapi apron alias tempat parkir pesawat.

"Kita akan benahi terminal sebab tempatnya di samping kurang aman. Terminal itu harus diperlengkapi apron , minimum dapat 4-5 pesawat parkir," tutur Budi Karya.

Terminal ini menurut Budi Karya akan direncanakan eksekutif, nanti cuma pesawat kecil saja yang bisa mendarati. Kemungkinan lapangan terbang ini ditempatkan untuk landasan jet pribadi beberapa pelancong.

"Terbesar 737 classic. Lainnya paling pesawat-pesawat kecil, seperti private jet," kata Budi Karya.

Awalnya, dalam rapat pengaturan wisata Danau Toba di Kementerian Koordinator Bagian Kemaritiman, Menko Kematitiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan lapangan terbang jadi satu diantara fasilitas yang akan ditingkatkan juga. Lapangan terbang Sibisa jadi satu diantara yang akan ditingkatkan.

Selintas tentang Lapangan terbang Sibisa, lapangan terbang ini mempunyai ukuran landasan picu 1.200x30 mtr., dan terminal penumpang yang baru dibuat. Sekarang, Lapangan terbang Sibisa bekerja jadi lapangan terbang pelopor.

Lapangan terbang Sibisa sah layani penerbangan pelopor dengan rute Binaka-Sibisa-Binaka mulai 12 April 2019. Lapangan terbang ini terdapat 18 km dari Kota Parapat, Danau Toba, persisnya di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara.

Sumber : https://sinau.info/

No comments:

Post a Comment