Wednesday, March 21, 2018

Musisi Yon Koeswoyo Meninggal Dunia

Vokalis serta gitaris band Koes Plus Yon Koeswoyo wafat dunia pada Jumat (5/1) pagi. Yon sudah membawa berhasil nama Koes Plus dari th. 1969 sampai jadi legenda musik Indonesia.

Dari info yang dirangkum Usaha, Koes Plus yang datang dari Kelurahan Sendangharjo, Tuban, Jawa Timur ini adalah alumnus SMK Negeri 1 Tuban serta selanjutnya jadi pelopor musik pop serta rock 'n roll. Koes Plus bahkan juga sempat dipenjara karna musiknya yang dipandang mewakili aliran politik kapitalis. Di waktu itu tengah garang-garangnya pergerakan anti kapitalis di Indonesia.

Baca Juga : kunci gantung gitar - kunci gitar

Group band ini beranggotakan kakak-adik yang datang dari keluarga Koeswoyo yakni, Yon Koeswoyo, Tonny Koeswoyo, Yok Koeswoyo, serta Nomo Koeswoyo. Genre group musik Kos Plus serupa dengan The Beatles, group musik asal Inggris yang populer di masa th. 1960 an -1980 an.

Dari catatan wikipedia. com, pada th. 1974 Koes Plus keluarkan 22 album, yakni terbagi dalam album lagu-lagu baru serta album-album " the best " termasuk juga album-album instrumentalia, yang di buat dari instrumen asli Koes Plus atau rekaman " master " yang lalu di isi oleh permainan saxophone Albert Sumlang, seseorang pemain dari group the Mercy's.

Jadi rata-rata mereka keluarkan 2 album dalam sebulan. Th. 1975 ada 6 album. Lalu th. 1976 mereka keluarkan 10 album. Mungkin saja rekor ini layak dicatat didalam Guinness Book of Record.

Baca Juga : cara stem gitar

Saat ini, sebagian lagu yang sudah dinyanyikan sekali lagi oleh grup musisi milenial, salah satunya lagu ‘Pelangi’ yang dibawakan group band Netral dengan genre punk rock, ‘Kisah Sedih di Hari Minggu’ yang dibawakan Marshanda serta ‘Manis serta Sayang’ mengusung genre slow rock orchestra yang dibawakan Andy Rif, Erwin Gutawa serta gitaris Eed Sjahranie serta ‘Andaikan Kau Datang Kembali’ yang dibawakan Ruth Sahanaya. Banyak lagu yang lain yang dibawakan musisi baik penyanyi serta group band yang lain.

No comments:

Post a Comment