Monday, March 30, 2020

Jendela Rumah Bisa Disulap Jadi Penghasil Listrik

Startup yang berbasiskan di Redwood City, California, Ubiquitous Energy sudah meningkatkan sel surya transparan untuk bikin ClearView Power Windows, semacam 'kaca surya' yang bisa mengubah cahaya matahari jadi daya listrik tanpa ada membutuhkan panel surya.



Pendiri serta Kepala Ubiquitous Energy, Miles Barr mengharap tehnologi ini bisa mengubah sebagian besar permukaan kaca di kehidupan setiap hari jadi panel surya baru.

Baca Juga : Etika Bisnis

" Ini bisa diaplikasikan pada jendela gedung pencakar langit, kaca di mobil, kaca di iPhone, " jelas Miles Barr, dikutip dari CNN Business, Selasa (31/3/2020).

Ubiquitous Energy ingin meningkatkan daya terbarukan di Amerika Serikat (AS) lewat daya matahari serta angin yang pemakaiannya diperkirakan akan melebihi batu bara pada 2021.

Sesaat beberapa perusahaan lain sedang kerjakan produk sama, tetapi tehnologinya masih juga dalam step yang relatif awal.

ClearView Power Windows ini salah satu dari beberapa penemuan yang manfaatkan daya matahari, pompa irigasi, serta tenaga mesin pembuat semen serta baja yang dibuat akan membuahkan tenaga listrik.

Pokok dari produk ini ialah dari perwanaan organik pada permukaan kaca. Perwarnaan ini kemungkinan kelihatan jika cahaya matahari melalui permukaan kaca. Tapi sebetulnya kaca tangkap cahaya infra merah yang tidak kelihatan dari cahaya matahari serta output-nya akan mengubah sinar jadi tenaga listrik.

Baca Juga : Pengertian Etika Bisnis

" Pewarna penyerap sinar diketemukan di seputar kita. Ada pada cat, pigmen untuk baju, serta mereka serta di piranti elektronik. Yang kami kerjakan ialah memanipulasi pewarna-pewarna itu untuk dengan cara selektif menghisap sinar inframerah dan mengubah sinar itu jadi listrik, " jelas Barr.

Barr menjelaskan panel transparan Ubiquitous Energy bisa membuahkan sampai dua pertiga dari daya yang dibuat panel tradisionil. Tetapi, pemakaian produk jendela surya pemroduksi listrik ini semakin lebih mahal 20% dari daya biasa.

Perusahaan inginkan jendela surya ini untuk lengkapi panel atap tradisionil. Gabungan ke-2 cara, menurut Barr, bisa bawa mengonsumsi daya pemroduksi listrik sekitar yang kita kehendaki.

Ubiquitous Energy sudah mulai menempatkan ClearView Power Windows di kantor pusatnya di Redwood City dimana dia menghasilkan panel kaca.

" Kami telah meng-install serta jual ClearView Power Windows dalam ukuran terbatas, serta kami sedang dalam step rencana untuk sarana yang kami bikin akan membuahkan windows pada ukuran berapa saja, " kata Barr.

Baca Juga : Etika Bisnis Adalah

Tetapi, wabah virus corona sudah memaksakan gagasan produksi perusahaan untuk dilaksanakan dari jarak jauh.

" Masih cukup awal untuk tahu apa efek penuh dari wabah global itu, termasuk juga untuk usaha kami, " kata Barr,

Barr memberikan tambahan jika dia masih optimis dapat mengawali pekerjaan manufaktur dalam dua tahun ke depan.

No comments:

Post a Comment